Fakultas Teknologi Informasi dan Industri

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN INDUSTRI

Pengertian dan Fungsi Cache Memory

Pengertian dan Fungsi Cache Memory

sumber: unsplash

Pada masa saat ini, rasanya menggunakan internet bukanlah merupakan sebuah hal yang tabu lagi. Hampir setiap orang bahkan menggunakan internet untuk membantu mereka beraktivitas sehari-hari. Penggunaan internet lebih sering orang pakai untuk mencari informasi sampai hanya untuk sekedar menghibur diri.

Nah bagi kamu yang sudah sering menggunakan internet, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cache memory. Namun, buat kamu yang belum tau, alangkah baiknya kamu mencari tahu dulu apa itu cache memory. Cache memory biasa kita jumpai pada perangkat ponsel, tablet, desktop, atau browser.

Sederhananya, cache memory merupakan sebuah sistem memori tambahan yang berfungsi untuk menyimpan data-data instruksi yang sering sistem gunakan. Tujuannya antara lain agar mempercepat sistem dalam membaca yang kemudian berpengaruh pada CPU (Central Processing Unit) agar tidak lagi mengakses ke sumber memori utama.

Nah buat kamu yang masih belum mengerti mengenai apa itu cache memory, tak perlu khawatir karena pada artikel kali ini kita akan membahas membahasnya lebih lanjut.

Singkatnya, cache memory ialah jenis memori yang berukuran kecil untuk menyediakan akses data instan dengan kecepatan tinggi ke prosesor. Cache memory menyimpan informasi dari program, aplikasi, dan data pada perangkat yang sering kita gunakan. Kemudian karena inilah membuat proses pengambilan data melalui cache memory menjadi lebih cepat dan efisien untuk terjadi.

Proses membaca dan pengambilan data pada cache memory berlangsung dengan cepat. Setiap kali processor untuk pertama kalinya mengakses data pada sebuah komputer, komputer akan membuatkan salinan data yang kemudian akan masuk ke dalam cache. Kemudian ketika processor hendak mengakses data tersebut kembali, processor akan mengecek salinan tersebut dan akan mengaksesnya duluan sehingga lebih cepat dan efisien. Nah jika tersedia, maka fungsi memori yang lebih besar seperti RAM dan Harddisk akan bekerja.

Cache memory memiliki fungsi yang sangat hebat. Semakin besar cache memory yang tersedia pada sebuah komputer, maka kerja processor akan bertambah semakin cepat dan efisien.

Nah karena beberapa alasan di atas dan juga kapasitasnya yang cenderung kecil membuat pemasangan dan instalasi memory cache pada komputer menjadi cenderung mahal jika kita membandingkannya dengan pemasangan RAM.