Kemajuan teknologi yang semakin kesini semakin canggih membuat manusia menjadi terbantu dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Bahkan tak hanya membantu, tetapi juga membuat segalanya semakin cepat. Apalagi jika kamu seorang pemilik bisnis yang ingin mewujudkan kenyamanan pelanggan sebagai poin utama. Penggunaan teknologi juga dapat mempermudah bisnis terutama dalam media komunikasi. Saat ini media komunikasi juga tak luput dari sentuhan canggihnya teknologi, salah satunya adalah chatbot.
Saat ini chatbot semakin ramai pengguna karena manfaatnya yang banyak orang nilai dapat mempermudah mereka dalam mengembangkan bisnis di era yang serba digital seperti sekarang. Nah alangkah baiknya buat kamu yang juga seorang pemilik bisnis, untuk lebih mengenal tentang apa itu chatbot, sebelum selanjutnya kamu dapat menggunakan fitur-fitur nya.
Sebagai gambaran, pernahkah kamu mendapatkan pesan otomatis yang memiliki respon cepat ketika kamu mengirim pesan kepada seseorang untuk menanyakan seputar produk atau layanan? Nah, fitur pesan cepat dan otomatis itulah yang biasa kita sebut sebagai chatbot. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu chatbot.
Mengenal chatbot
Teknologi chatbot atau dengan kata lainnya adalah chatter bot, sesuai namanya teknologi ini merupakan sebuah layanan robot atau asisten virtual yang menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang dapat membantu kita dalam melakukan komunikasi melalui chat.
Teknologi ini gampangnya dapat menirukan percakapan seperti manusia ketika sedang melakukan proses chat. Tidak hanya berbentuk teks saja, chatbot juga sudah mendukung fitur voice command atau perintah suara. Dengan begini, komunikasi antar manusia sekarang bisa lebih mudah dan sederhana.
Dalam implementasinya, sebenarnya chatbot banyak menggabungkan teknologi di dalamnya. Teknologi tersebut semakin seiring berjalannya waktu, juga akan mengalami banyak perkembangan dan pembaharuan. Teknologi itu seperti AI (Artificial Intelligence), Machine Learning, Deep Learning, dan Natural Language Processing (NLP). Yang mana teknologi AI penggunaannya untuk mengenali, belajar, dan menganalisis berbagai bahasa. Kemudian NLP merupakan sebuah teknologi untuk memproses agar seolah-olah mengerti bahasa manusia dan melakukan percakapan sederhana yang layaknya kita gunakan ketika berkomunikasi sehari-hari.
Dalam kenyataannya, chatbot saat ini sudah banyak sekali penggunaannya terutama dalam pemakaian untuk berbisnis. Ini karena chatbot pemakaiannya lebih efektif dan cepat dalam hal merespon pertanyaan yang konsumen ajukan. Dengan begitu, brand awareness dan kepuasan pelanggan bisa terwujud dan dapat menghemat waktu. Apalagi ketika bisnis sedang pada masa dimana banyak pelanggan yang mengirim pesan pada saat yang bersamaan, penggunaan chatbot adalah langkah yang tepat untuk menanggulangi masalah tersebut.